Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Teknologi Digital Marketing Pertanian pada masyarakat Gapoktan sebagai media untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kampung Empon-Empon desa Wonosobo kecamatan Srono Banyuwangi.

Improving Cognition and Application of Digital Marketing Technology in the Agricultural Community of Empon-Empon Village, Banyuwangi

  • Norma Afrinatul Najah Eva Ariyani Universitas Jember
Keywords: Kata Kunci : Teknologi marketing, kelompok tani, penerapan, pemahaman

Abstract

Jurnal ini membahas tentang penerapan teknologi pertanian dan marketing di kalangan Gabungan Kelompok Tani kampung empon-empon. Masyarakat petani Wonosobo menggagas terbentuknya kelompok wanita tani Sritanjung tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui usaha produk olahan jamu instan empon-empon. Dalam meningkatkan hasil produktivitas diperlukan adanya peningkatan penerapan teknologi modern di bidang pertanian. Oleh sebab itu, diperlukan adanya transformasi pemahaman dan penerapan teknologi pertanian dikalangan gapoktan kampung empon-empon. Dengan adanya teknologi maka estimasi waktu pengelolahan lebih cepat dengan kuantitas  banyak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Karl Marx tentang perubahan sosial menjelaskan bahwa perubahan masyarakat dipengaruhi oleh teknologi. Artikel ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan data yang diambil dari observasi dan wawancara pada masyarakat gapoktan. Lokasi penelitian yang dilakukan dusun Empon-empon desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. Penemuan penelitian: a. Pada kelompok tani tidak adanya kesenjangan gender pada masyarakat petani tersebut saling bekerjasama antar masyarakat b. Kekurangan pemahaman teknologi yaitu parut listrik dan combainhandfaester pada masyarakat tani c. Nilai sosial yang menghambat penggunaan teknologi ada kekhawatiran masyarakat tenaga buruh tani untuk tersingkir karena teknologi. Hasil dalam penelitian ini masyarakat gapoktan dapat memanfaatkan digital marketing dan teknik pertanian untuk meningkatkan hasil produktivitas tani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayubi, A. A. (2014). Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Pembangunan , 3.

Dewi, R. P. (n.d.). Sosial Media Sebagai Sarana Jual Beli Online.

Ervinawati, V. (2015). Peranan Kelompok Wanita Tani Pedesaan Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN, 14.

J.Moleong, L. (2007 ). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong, D. M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : Remaja Rosdakarya.

Syahyuti. (2013). Pemahaman Terhadap Petani Kecil Sebagai Landasan Kebijakan Pembangunan Pertanian . Forum Penelitian Agro Ekonomi, 20.

Published
2021-09-30
How to Cite
Ariyani, N. A. N. E. (2021). Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Teknologi Digital Marketing Pertanian pada masyarakat Gapoktan sebagai media untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kampung Empon-Empon desa Wonosobo kecamatan Srono Banyuwangi. JCIC : Jurnal CIC Lembaga Riset Dan Konsultan Sosial, 3(2), 39-48. https://doi.org/10.51486/jbo.v3i2.66